Overthingking??

Januari 23, 2020



Kemarin aku liat postingan kak Jonathan (Instagram: @jonathanend) seketika langsung ngebatin "ini yang dulu aku pikirin" hahaha. 

Pernah ngga sih kalian overthingking? ngga melulu soal jodoh yaa. Bisa soal kemampuan, fisik, atau apapun yang bikin kamu overthingking. Kalo aku dulu suka banget overthingking. Apalagi soal skill, ngerasa nggak punya kemampuan dibidang apapun, selalu ngerasa nggak mungkin bisa ngelakuin sesuatu dengan benar, takut sama komentar orang, selalu mikir hal-hal negatif daripada positifnya.

Sampe dulu pernah pesimis banget pas kuliah semester akhir. "Apa bisa bikin tugas akhir", "abis lulus apa bisa langsung kerja", "masa depanku besok gimana yaa, aku kan ngga bisa ngapa-ngapain. Ikut organisasi ngga pernah, pengalaman kerja ngga ada, bahasa inggris pas-pasan, present didepan orang banyak keringet dingin, gue bisanya apaa sih :(", "kalo aku ngga sukses, terus ngga bisa ngebahagiain orang tua gimana. Apa kata orang-orang nanti". Sebelum lulus pikiran kaya gini yang terus kebayang diotakku. 

Ternyata kebiasaan kita yang overthingking terhadap sesuatu, bisa berakibat fatal buat kita. Kita jadi takut buat mencoba hal-hal baru. Bahkan kalau itu sudah akut, malah membuat kita menutup diri dari lingkungan sekitar. Padahal aku yakin, sebenernya kita bisa dan memiliki kemampuan yang istimewa.

Berpikir terlalu dalam/ lama ketika kita menghadapi sesuatu, cenderung akan membuat kita berimajinasi akan hal-hal yang negatif. Yang ujung-ujungnya kita jadi ragu dalam membuat keputusan. Padahal kita nggak akan tau hasilnya kalo kita belum nyoba. Ini kalo menurutku yaa.

So, buat kalian dan buat aku, coba deh buat jangan kebanyakan mikir ketika mau mencoba sesuatu. Daripada kita memikirkan hal-hal yang belum terjadi coba buat menggantinya dengan tindakan yang positif. Kalo kita tau kita lemah dalam berbicara didepan umum, kenapa ngga nyoba buat selalu latihan ngomong didepan orang banyak. Ini akan membuat kita lebih terbiasa. Katanya, kita bisa karena terbiasa. Kalo kita ngerasa ngga punya pengalaman, yaa coba cari pengalaman. Coba jadi volunteer/ intership/ ikut komunitas yang kamu suka. Aku kira ini jauh lebih bermanfaat. Untuk hasilnya nanti, mau berhasil atau gagal, kita ngga akan pernah rugi kok. Karena setidaknya kita udah mencoba apa yang kita mau dan kita udah maju satu langkah kedepan buat meng-improve diri kita.










Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.