Jalan-Jalan ke Rumah Atsiri - Karanganyar, Wisata Edukasi yang Enggak Ngebosenin!

Januari 04, 2020

Rumah Atsiri Indonesia - Karanganyar



Pernah dengar Rumah Atsiri Indonesia? Libur akhir tahun kemarin sengaja ambil cuti tahunan buat jalan-jalan. Emang udah ngerencanain buat ngajak ke Rumah Atsiri Indonesia sih. Padahal tau tempatnya pun enggak haha. Cuma bermodal google maps dan alhamdulillah sampai dilokasi dengan selamat, tanpa kesasar. 

Lokasinya sendiri ada di Jl. Watusambang, Plumbon, Kabupaten Karanganyar. Kalo kemarin aku berangkat dari Kota Klaten tercinta butuh waktu sekitar satu setengah jam lebih dikit. Kalo kalian mau kesana aku saranin berangkat pagi, biar dijalan ngga kepanasan. Atau mungkin jangan pas musim hujan, soalnya pas kemarin sampai museum langsung hujan. Rumah atsiri mulai buka pukul 10.00 - 17.00 WIB. 

Oke lanjut. Pertama kali sampai lokasi, aku langsung diarahin buat parkir motor dulu, kan agak ribet kalo masuk museum tapi bawa motor yaakan. Jadi kita titipin dulu dehh. setelah parkir kita nanya dulu sama bapak satpam, kalo mau masuk museum beli tiketnya dimana. Ternyata belinya di loket/ pos sebelum kita masuk. Terus kita beli tiket seharga Rp 50.000 rupiah, nah disini kita ngga dikasih tau sih tiket ini bisa dipakai buat apa aja. Ternyata, fyi tiketnya bisa kalian pake buat masuk ke museum (ini udah jelas), beli makanan, suvenir, atau essential oil yang ada di Rumah Atsiri.

(Tiket masuk Rumah Atsiri)

Setelah dapet tiket, lokasi pertama yang aku kunjungi adalah taman rumah kaca (sebenernya ada namanya, tp lupa hehe). Pertama masuk ketaman ini, kita bisa lihat proses penyulingan tanaman yang ada di sini. Sebelumnya maaf karena nggak sempet ngefotoin bapaknya. Aduh, kebanyakan minta maaf yaa. maaf hahaha. Yang jelas tempatnya ngga terlalu luas. Nah yang aku baca dari web rumah atsiri Indonesia (link: https://rumahatsiri.com/story-history) dulu tempat ini adalah pabrik citronella, yang mulai beroperasi pada tahun 1963. Menjadi salah satu pabrik terbesar di Asia pada waktu itu. Daerah ini dipilih karena kodisi alamnya yang dinilai sangat cocok dengan penanaman tumbuhan atsiri.

Sampai pada tahun 2015 PT. Rumah Atsiri Indonesia secara resmi mengambil alih dan mengembangkan pabrik Citronella. Pada tahun 2018 Rumah Atsiri Indonesia mulai dibuka untuk umum yang terintegrasi penuh dengan kebun aromatik, fasilitas laboratorium / penelitian, rumah produksi, pusat pelatihan, museum, restoran, toko, dan butik fasilitas MICE. mantab kann!


(Taman kaca, tempat berbagai macam tanaman atsiri)

Jujur tempatnya bagus, penataan tanamanya bener-bener rapih. Berasa pengen punya taman kaya gini dibelakang rumah hahaha. 

Nah setelah dari taman kita sholat dzuhur dulu. Tenang disini ada mushola yang bisa kalian pakai buat sholat kok. Foto yang aku post dibawah diambil dari lantai atas. Desain ruangan yang minimalis, dan banyak mengandung unsur kayu dan kaca bener-bener bikin nyaman! 


Setelah sholat kita lanjut buat ke Toko Aromatik, di toko aromatik ini, syurgaa buat kalian yang emang suka sama essential oil. Aku sendiri juga baru tau kalau essential oil/ minyak atsiri ternyata digunakan sebagai bahan baku parfum, pewangi (fragrance), farmasi, kosmetik dan aromaterapi. 

Buat aromanya sendiri ternyata memiliki manfaat yang berbeda-beda. Misal, buat kalian yang memiliki masalah pecernaan bisa pakai essential oil peppermint. Terus buat kalian yang suasana hatinya lagi buruk, bisa coba yang lemon. Dari artikel yang aku baca para ahli asal Jepang menemukan bahwa essential lemon dapat membantu mengendalikan gejala depresi. Bahkan dapat mengurangi pemakaian obat antidepresan bagi penderita depresi. 

Kalo kalian penasaran, kalian bisa coba cari sendiri di google yaa wkwk. Soalnya essential oil wanginya banyak banget cuyy!
  

(ini adalah toko aromatik, buat kalian yang mau beli produk-produk yang di produksi Rumah Atsiri Indonesia)

Lanjutt lagi kita liat-liat suvenir, iyaa liat dulu, soalnya belum tau mau beli apa engga haha. Nah di sini aku baru tau, kalau tiket yang kita beli bisa dipakai buat belanja/ makan di resto yang ada di Rumah Atsiri.

Disini aku beli note book dan mini grassdoll. Tenang aja, suvenirnya ada mecem-macem kok, mulai dari tas, pouch, snack, kaos, dll. Jadi kalau misal saldo di kartu kalian kurang, tinggal kalian tambah pake uang cash. Tapi misal masih sisa, bisa kalian pakai buat makan di resto yang ada disini. Lumayan kannn! Buat harga makanan di resto mulai dari Rp 20.000-Rp 80.000, jadi kalo kalian nggak beli suvenir nggapa dipake buat makan ajaa. 


Oiyaa Info tambahan, sebenernya ada ada satu tempat lagi yang belum aku kunjugi, yaitu bangunan utama. Museum. Pengan masuk kesini, tapi kalau masuk harus sama tour guide. Jadi buat kalian yang mau kesini saranku coba tanya sama mbak/mas yang jaga buat jadwal keliling museum. Gratis kok guyss, tapi yaa cuma ada di jam-jam tertentu ajaah.

Nah sekian cerita jalan-jalan ku wkwk. Buat yang mau kesini, jangan pas weekend/ musim hujan. Pun kalo emang musim hujan, nggapapa. Asal jangan lupa bawa jas hujan sama sandal okeyy!






  



Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.